Beranda » Info Wisata Bali » Keindahan Pantai Suluban Bali

Mendengar kata Bali, tentu telinga kita sudah tidak akan asing lagi. Tentu, gambaran kita soal Bali adalah wisata nya menakjubkan mulai dari wisata religi, kebudayaan, alamnya hingga yang paling terkenal adalah suguhan pantainya. Disebutkan bahwa, rata-rata wisatawan baik itu lokal maupun manca negara menyatakan bahwa lokasi wisata yang paling utama dituju adalah pantai.

Membicarakan pantai di Bali, di benak kita sudah tentu akan langsung tertuju pada pantai Kuta. Nah, tahukah Anda selain pantai Kuta yang memang merupakan pantai ikonik dari Bali ini, masih ada banyak pantai lain loh yang sangat sayang untuk tidak dikunjungi. Nah, salah satunya adalah pantai Suluban atau para wisatawan manca negara banyak mengenalnya sebagai Bluepoint Beach.

Pantai Suluban yang Wajib dikunjungi

Lokasi pantai Suluban atau Bluepoint Beasch ini berada di daerah bagian selatan Uluwatu. Awalnya, pantai Suluban ini masih sangat jarang dikunjungi oleh wisatawan karena memang lokasinya yang cukup tersembunyi. Pantai ini lebih dikenal sebagai Bluepoint Beach karena rata-rata pengunjung adalah turis manca negara. Jadi, jangan heran jika berkunjung kesini, Anda akan lebih banyak melihat para bule hilir mudik di pantai Suluban.

Namun, beberapa tahun terakhir ini, pantai Suluban dikelola pemerintah dan penduduk setempat sehingga sekarang dibuka menjadi tempat wisata. Pantai Suluban pun menjadi salah satu pantai yang sangat sayang dilewatkan ketika berkunjung di Bali. Bluepoint Beach pun menjadi paling banyak dikenal ketimbang nama Suluban karena ini merujuk pada sebuah bangunan hotel di atas bukit yang bernama Hotel Bluepoint.

Keindahan Tersembunyi Pantai Suluban

Pantai Suluban atau Bluepoint Beach ini terkenal dengan pantai nya bertebing dengan ombak nya yang cukup besar. Maka dari itu, pantai inijuga menjadi salah satu lokasi terbaik untuk para penghobi olahraga selancar air. Yang menjadikan kita untuk betah lama-lama tinggal disini adalah pasir putih dan air laut biru nan jernih.

Keindahan ini pun tidak mudah untuk didapatkan. Diperlukan perjuangan dan usaha untuk dapat menikmatinya. Kira-kira Anda diharuskan berjalan dari area parkir sekitar 200 meter dan melewati anak tangga sepanjang 50 meter. Kemudian dilanjutkan dengan melewati anak tangga yang lebih sempit dan kecil.

Keunikan Pantai Suluban yang utama terdapat pada akses masuk ke area pantai. Selain melewati tangga, pengunjung juga melewati gerbang batu karang alami yang menjulang tinggi dan terlihat seperti Goa.

Pantai Blue Point merupakan pantai dengan tebing yang terjal dan ombak yang cukup besar. Jadi Pantai Blue Point Bali lebih cocok untuk wisatawan yang suka nongkrong di tepi pantai atau hobi surfing. Maka itu jika anda liburan ke pantai Blue Point Uluwatu, anda akan melihat banyak wisatawan bule melakukan aktivitas surfing.

Oleh karena nya berhati-hati lah saat akan melewatinya. Saat keadaan ramai, tak jarang Anda pun diharuskan mengantri dan bergilir. Namun, percayalah sesampainya di bibir pantai, perjuangan Anda akan terbayar oleh keindahan menakjubkan dari pantai Suluban ini.

Lokasinya yang berada di desa Pecatu, Uluwatu, Kuta Selatan, Bali ini bisa ditempuh dalam kurun waktu 60 menit dari kota Denpasar. Menikmati keindahan pantai Suluban pun Anda tidak akan dikenakan biaya apapun, cukup hanya dengan membayar karcis parkir kendaraan sebesar Rp. 10.000,-.

Hal Menarik dari Pantai Suluban

Suluban berasal dari kata bahasa Bali “Mesulub” yang memiliki arti berjalan melewati sesuatu diatas kepala manusia. Pantai ini dinamakan Suluban oleh masyarakat lokal tentunya ada alasan.

Karena setelah anda tiba di pantai dan menginjakan kaki di pasir putih, anda akan melihat jalan menuju bibir pantai diapit oleh dua tebing karang yang lumayan tinggi. Tebing karang terlihat seperti lorong dan anda harus melewati lorong ini untuk mencapai bibir Suluban Beach Uluwatu.

Selain itu, pantai ini pun cukup banyak direkomendasikan untuk Anda yang akan berlibur ke Bali karena beberapa hal unik yang akan hanya Anda temukan di pantai Suluban ini. Nah, apa saja sih keunikan-keunikan pantai Suluban atau Bluepoint Beach yang sangat sayang untuk dilewatkan? Berikut ulasannya:

  1. Keindahan Pantai dengan Tebing Karang

Hal unik yang akan hanya Anda dapatkan di pantai Suluban ini adalah keindahan pantai yang diapit dengan tebing karang. Tebing karang pantai Suluban ini menjulang ke atas, yang saling mengapit. Sehingga saat siang hari, Anda pun disa menepi dan berlindung di bawah tebih untuk menghindari panas.

Tebing karang yang saling apit juga hampir menyerupai goa, sehingga akan menjadikan area pantai sangat menawan dan cantik. Tentu keindahan ini sangat sayang dilewatkan. Bahkan, saat air laut pasang, air akan maruk ke celah besar tebing dan menciptakan daya tarik sendiri. Dan spot seperti ini tentu sangat pas untuk diabadikan.

  • Panorama Keindahan Sunset di Pantai Suluban

Selanjutnya adalah panorama sunset terbaik yang hanya akan Anda dapatkan di pantai Suluban. Jika pantai-pantai lain di Bali hanya akan menyuguhkan pemandangan matahari terbenam biasa dengan bentangan pasir putih, disini Anda akan merasakan sensansi berbeda. Anda akan disuguhi panorama sunset Indah yang terbenam melalui celah tebing karang yang menjulang tinggi. Dan spot inilah yang paling banyak dinantikan oleh para wisatawan untuk dijadikan sebagai objek foto.

  • View Laut Biru Jernih

Hal unik lainnya adalah laut biru dan jernih yang dimiliki oleh pantai Suluban. Kendati tidak dipungkiri bahwa pantai lainnya di Bali juga memiliki laut berwana biru safir indah dan jernih. Namun dengan view tebing dan pasir putihnya, pantai Suluban memiliki daya tarik sendiri sehingga akan membuat kita betah berlama-lama disini.

Demikianlah ulasan kali ini tentang hal-hal unik yang hanyak akan Anda temui di pantai Suluban atau Blupoint Beach ini. Jika ke Bali, jangan sampai kelewatan untuk sekedar mampir ke pantai ini. Dan rasakan liburan menakjubkan saat berada di pantai Suluban. Sekian dan selamat berlibur!

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.